20 Tahun PlayStation 2: Daftar Game PS 2 Terlaris Sepanjang Masa

20 Tahun PlayStation 2: Daftar Game PS 2 Terlaris Sepanjang Masa

 

20 Tahun PlayStation 2 Daftar Game PS 2 Terlaris Sepanjang Masa

20 Tahun PlayStation 2 Daftar Game PS 2 Terlaris Sepanjang Masa

PlayStation 2 kini telah berusia 20 tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 2000 silam. Peringatan ini diumumkan Sony melalui akun resmi PlayStation pada 4 Maret.

Tanggal 4 Maret merupakan hari bersejarah yang mana untuk pertama kalinya PlayStation 2 resmi dipasarkan. Konsol game ini merupakan penerus dari versi original dengan peningkatan kemampuan memutar DVD.

Meski sudah berusia tua, PlayStation 2 menjadi konsol game terlaris dengan total 157,7 unit yang telah terjual hingga saat ini, menurut Guinness World Records, yang dikutip dari laman BBC.

Perolehan itu berada diatas Nintendo DS dan Game Boy yang masing-masing berjumlah 154,9 juta dan 118,7 juta unit. Penjualan itu pun masih jauh diatas PlayStation generasi pertama, ketiga dan keempat.

Kehadirannya pun juga menjadi awal kemunculan waralaba game terkenal saat ini, misalnya God of War, Devil May Cry, dan Ratchet & Clank sebagaimana ditulis TechSpot.

Sejak perilisan perdananya, konsol game ini telah berhasil memiliki sejumlah game favorit yang sangat sering dimainkan oleh penggunanya. Berikut daftar game terfavorit dan paling laris di PlayStation 2 yang dihimpun dari CNET dan VG Chartz.

Grand Theft Auto: San Andreas

Grand Theft Auto: San Andreas diterbitkan oleh Rockstar Games, game ini disebut sebagai yang terlaris dari semua permainan yang dikembangkan untuk PS2.

Game bergenre petualangan yang memiliki rating remaja dewasa ini berhasil terjual hingga 20,8 juta unit di seluruh

dunia sejak pertama kali dirilis pada 26 Oktober 2004.

Grand Theft Auto: Vice City

Grand Theft Auto atau yang disebut GTA bisa dibilang menjadi game yang sangat diminati ketika PS2 sedang naik daun. Lewat Grand Theft Auto: Vice City, Rockstar Games juga berhasil meperoleh penjualan hingga 16 juta unit sejak dirilis Oktober 2002.

Gran Turismo 3: A-Spec

Gran Turismo 3: A-Spec, merupakan game petualangan balapan yang juga laris terjual. Game yang dirilis pada 9 Juli 2001 itu berhasil mencapai penjualan hingga 15 juta unit di seluruh dunia.

Grand Theft Auto III

Grand Theft Auto III ini merupakan franchise ketiga dari GTA. Sebelum dirilisnya San Andreas dan Vice City, GTA III menjadi game PS2 dengan penjualan terbaik saat itu. Game yang dirilis pada 23 Oktober 2001 ini berhasil terjual sebanyak 13 juta keping DVD di seluruh dunia.

Gran Turismo 4

Waralaba Gran Turismo seakan tak mau kalah dengan GTA. Lewat Gran Turismo 4, game balapan ini juga berhasil

menjual sebanyak 11,6 juta keping DVD sejak dirilis pada Februari 2005.

Final Fantasy X

Final Fantasy merupakan salah satu franchise role-play game yang sangat terkenal hingga saat ini. Salah satu penjualan terbaiknya adalah Final Fantasy X yang terjual sebanyak 8 juta unit sejak dirilis pada 17 Desember 2001.

Need for Speed: Undercover

Dikembangkan oleh EA Games, Need for Speed: Undercover merupakan game balapan yang masuk dalam waralaba Need for Speed. Game ini berhasil mencapai penjualan 7,2 juta unit sejak dirilis pada 17 November 2003.

Need for Speed: Undercover 2

Need for Speed: Undercover 2 bisa dibilang sebagai sekuel game atau penerus dari kesuksesan versi sebelumnya. Game yang dirilis pada November 2004 ini telah terjual hingga 6,9 juta unit.

Medal of Honor: Frontline

Berasal dari pengembang yang sama, EA Games, Medal of Honor: Frontline merupakan game dengan genre petualangan simulasi dalam konsep peperangan.

Dirilis pada 28 May 2002, game ini telah terjual sebanyak 6,29 juta unit dan masuk ke dalam 10 daftar game terbaik

di PlayStation 2.

Final Fantasy XII

Final Fantasy merupakan game role-play yang dikembangkan oleh Square Enix. Waralaba ini telah memiliki belasan versi yang salah satunya Final Fantasy XII.

Final Fantasy XII dirilis pertama kali pada 31 Oktober 2006 dengan total penjualan sebanyak 5,67 juta unit. Game ini menjadi penerus dari kesuksesan Final Fantasy X yang dirilis 5 tahun sebelumnya.

Baca Juga: