BINUS Beri Konsep Pendidikan Pendekatan Industri Teknologi Kreatif

BINUS Beri Konsep Pendidikan Pendekatan Industri Teknologi Kreatif

BINUS Beri Konsep Pendidikan Pendekatan Industri Teknologi Kreatif

BINUS @Bandung mendorong per­tumbuhan industri tekno­logi kreatif di Bandung dan Jawa Barat untuk mencetak mahasiswa inovatif, adaptif, kompetitif yang mampu menciptakan lapangan ker­ja. Dengan Penempatan Bi­nus di pusat perbelanjaan, menjadikan salah satu ino­vasi konsep pendidikan.

Seiring dengan per­kembangan teknologi yang memberi peran terjadinya dirupsi, kebutuhan pelaku industri meningkat ditandai dengan pelaku teknologi kreatif muda yang semakin meningkat melalui temuan inovasi berbasis teknologi digital

Rektor BINUS @Bandung, Andreas Chang menuturkan BINUS yang berlokasi di pusat perbelan­jaan (mall) menjadikan hal tersebut sebagai laborato­rium bagi mahasiswa dalam mendekatkan diri dengan masyarakat dan dunia indu­stri agar menjadi satu eko­sistem.

”Program studi peng­embangan melalui sub sek­tor ekonomi kreatif dianta­ranya Creativepreneur,

In­formatics, Interior Design, dan Visual Communication Design,” kata Andreas, saat ditemui di Kampus BINUS Bandung, Jalan Pasir Kaliki No.25-27 Paskal Hypersquare, Rabu (20/03).

Menurutnya, untuk sukses di abad 21 diperlukan ke­terampilan (21st Century Skills) karena tuntutan zaman yang sudah berubah. Forum Ekonomi Dunia menetapkan keterampilan yang diperlu­kan di tahun 2020 dalam pemecahan masalah, berpi­kir kritis, kreatifitas, peng­elolaan modal, dan koordi­nasi.

”Kami mencetak lulusan bukan hanya sekedar lulus tapi bisa memberi dampak,

memberikan kontribusi tek­nologi kreatif di Bandung,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, banyak manusia bisa menciptakan robot untuk menggantikan perannya, sehingga hal ter­sebut memberi pengertian bahwa otak manusia men­galami pertumbuhan.

”Hingga saat ini banyak terciptanya pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada,” ucapnya.

Dijelaskannya, Kampus Binus @Bandung memfasi­litasi pembelajaran melalui program 2 +1+1

guna me­macu pengalaman belajar multi kampus dan profesio­nal di luar kampus. Dalam dua tahun, mahasiswa me­jalankan perkuliahan di BI­NUS @Bandung, satu tahun di BINUS University Jakarta atau BINUS @Malang, dan satu tahun terakhir Enrich­ment untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional siap kerja.

 

Sumber :

https://ojs.hh.se/index.php/JISIB/comment/view/401/0/83420