Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

1. Proses penentuan benih

Kebanyakan para pemula kerap sekali dalam menanam cabe dengan memanfaatkan benih yang diambil dari dapur, benih yang diambil dari dapur sifatnya kurang baik buat di tanam kembali.  ini lantaran cabe yang diambil dari dapur bukan di peruntukan buat benih tanam kembali. ini lantaran cabe itu kebanyakan masih termasuk muda serta jga mutu cabe sendiri kurang baik sampai ketika di tanam kembali hasilnya bakal kredil serta buahnya pun kurang maksimal.

Jadi bagaimana benih yang baik, benih yang baik merupakan benih yang memiliki kualitas yaitu tipe benih cabe hibrida yang dapat di beli di toko toko pertanian atau minimal benih unggul yang kwalitasnya hampir setara dengan benih hibrida yang pengemasannya udah standard pabrik serta udah terjamin secara kwalitas, kebanyakan benih-benih itu dipasarkan bebas di toko toko pertanian dengan paket serta brand yang berbagai variasi seperti panah merah, mutiara bumi, bintang asia serta lain sebagai nya.

Belilah benih cabe dengan jumlahnya khusus yang dapat mencukupi, tiap-tiap kemasan kebanyakan diberi info terkait berapakah isi atau berat bersih dari cabe tersebut ini buat mengira-ngira berapakah jumlah yang bakal kita tanam, serta jangan lupa lihat tanggal kada luarsanya biar benih yang kita tanam dapat tumbuh sebab benih yang udah habis masa kada luarsanya bakal sulit untuk tumbuh.

2. Penyemaian Cabe Rawit

Penyemaian ini penting untuk di kerjakan sebab dalam proses penyambahan pertumbuhan benih cabe sangat membutuhkan tempat yang lembab apabila cabe langsung di tanam di polybag khawatirnya kecambah cabe akan kering gara-gara sinar matahari.

Penyemaian dapat di kerjakan di atas nampan atau wadah lain yang diberi media tanah serta kotoran hewan degan perbandingan 1 : 1 dan di aduk sampai rata selanjutnya benih cabe di tabur di atasnya hingga rata, taruh di tempat yang teduh, hindarkan dengan cahaya matahari dengan cara langsung, tempat yang paling baik ialah dekat dengan tempat mandi sebab tempat ini cukup lembab hingga benih cabe cepat berkecambah.

Senantiasa cek keadaan tanah jangan pernah jadi kering, saat jadi kering siram tanah tetapi jangan pernah tanah menjadi becek, siramlah seperlunya saja. Benih cabe dapat di pindah di polybag saat cabe telah tumbuh berkembang serta mengeluarkan kurang lebih 2 sampai 3 daun tetap serta pada saat itu cabe siap untuk dipindahkan.

Satu yang perlu di kerjakan ialah sebelum mengerjakan penaburan benih ke media yaitu rendam terlebih dulu benih cabe di air hangat kuku sepanjang kurang lebih 12 jam lalu taburkan ke tempat media semai.

3. Persiapan media semai dan penanaman dalam polybag

Sesudah proses penyemaian di kerjakan dah benih cabe yang telah siap untuk di tanam baiknya siapkan media tanam yang telah di susun di polybag sekurang-kurangnya 7 hari sebelum proses pemindahan itu, proses ini di kerjakan supaya media yang telah di masukan ke polybag itu lebih netral dengan beberapa hal apa pun , gunakan media tanam yang gembur dengan kandungan pupuk kompos yang baik supaya perkembangan cabe akan tambah baik serta memiliki buah yang bermutu.

Untuk bikin media tanam baiknya pakai kombinasi tanah dengan kotoran hewan,sekam mentah serta arang sekam dengan perbandingan 3 : 2 : 1 : 1 jika ada pakai tanah sisa tanah pembakaran sampah yang umumnya berwarna hitam karenanya tanahnya cukup subur, serta pakai kotoran hewan yang telah menyatu dengan tanah bukan kotoran hewan yang masih basah.

Sesudah media semai telah siap, lalu pindahkan semua bibit cabe yang telah tumbuh, dalam proses penyemaian pindahkan perlahan, cabut benih semaian sertakan tanahnya supaya benih tidak layu karena di cabut, baiknya proses pemindahan di kerjakan saat pagi hari atau sore hari. Masukan bibit cabe dalam media dengan kedalaman kira-kira 5 cm lalu uruk kembali dengan tanah.

4. Perawatan dan pemeliharaan cabe di polybag

Sama seperti berkebun cabe di lahan, berkebun di polybag membutuhkan perawatan serta pemeliharaan yang lumayan baik, penyiraman serta pemupukan merupakan langkah yang perlu di kerjakan supaya cabe dapat hidup dengan subur serta berkembang, untuk penyiraman dapat di lihat dengan keadaan cuaca, jika cuaca seringkali hujan kerjakan cuma 1 kali saja saat pagi hari tetapi jika tidak ada hujan cukup kerjakan 2 kali sore dan pagi.

Penyiraman di khususkan untuk tanaman cabe yang masih termasuk muda, penyiraman jangan pernah terlambat.

Sedang untuk pemupukan kita dapat memakai pupuk NPK atau lain sebagai nya supaya tanaman dapat tumbuh subur, pakai pupuk kimia cuma sekedarnya saja tetapi jika untuk konsumsi pribadi alangkah lebih baiknya memakai pupuk organik untuk pemupukannya.


Sumber:

https://rumahbudidaya.co.id/