Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Seimbangkan dengan sayuran

Cara selanjutnya untuk merawat anak kucing Angora adalah menyeimbangkannya dengan sayuran. Memang, kucing adalah hewan karnivora yang menyukai berbagai makanan yang mengandung protein. Tetapi agar vitamin, mineral, dan serat anak kucing perlu dipenuhi, Anda harus selalu memberi mereka sayuran yang dapat dikombinasikan dengan daging. Jangan berikan sayuran mentah, tetapi berikan sayuran yang sudah direbus sehingga Anda bisa menghaluskannya dengan menumbuknya lalu memberi sedikit air. Untuk memberi makan anak kucing, Anda dapat menggunakan pipet atau satu sendok teh.

Porsi yang cukup

Anda perlu tahu porsi yang tepat dari anak kucing Anggora untuk dimakan. Jangan berikan porsi makanan Angora Kitten seperti kucing Angora dewasa. Meskipun kedengarannya sepele, porsi makanan yang tepat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak kucing Anggora yang Anda miliki. Saat anak kucing disapih pada usia 4 minggu, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanan. Porsi makanan yang tepat adalah 6 gram setiap kali makan dan Anda bisa memberinya 3-4 kali sehari.

Mandi secara teratur

Cara selanjutnya untuk merawat anak kucing Angora adalah memandikan mereka secara teratur. Mandi secara teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Jika jarang dibersihkan, bulu anak kucing Anggora akan sangat mudah menggumpal, jadi jika dibiarkan terlalu lama, ia akan mengalami kerugian. Untuk membersihkan tubuh anak kucing Anggora, jangan diabaikan, Anda harus menggunakan sampo khusus untuk anak kucing Anggora dan membersihkannya dengan seksama karena kulit anak kucing selalu tergores dengan lembut, bahkan sedikit akan mudah teriritasi.

Waspadalah terhadap iritasi

Kulit anak kucing lebih lembut daripada kucing dewasa angora. Kulit anak kucing rentan terhadap gesekan karena selalu sangat sensitif, jadi meskipun Anda berhati-hati, pasti akan ada kejadian di mana kulit anak kucing akan teriritasi. Selain disebabkan oleh gesekan dari benda-benda kasar, iritasi ini dapat disebabkan oleh kulit lembab yang dapat menyebabkan infeksi jamur dan parasit pada anak kucing. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan beberapa cara agar kucing Angora bebas dari infeksi jamur dan parasit. Caranya adalah membersihkan kandang secara teratur. Selain itu, Anda dapat memberinya obat-obatan khusus untuk melawan jamur dan parasit ini. Obat juga harus dikonsultasikan dengan dokter hewan karena dosis obat tidak boleh diabaikan, terlebih dahulu harus dikonsultasikan dengan dokter hewan.

Vaksin

Semakin awal vaksin diberikan, semakin baik. Manusia tidak hanya membutuhkan vaksin, tetapi anak kucing juga membutuhkan vaksin. Vaksin ini berguna untuk mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang kucing angora. Ada juga berbagai vaksin yang diberikan untuk mencegah herpes, rabies dan lainnya. Vaksin ini harus diberikan oleh dokter hewan berpengalaman. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati, di samping fakta bahwa perawatan anak kucing akan menghabiskan banyak biaya sehingga dapat menghemat anggaran Anda jika anak kucing Anda telah menerima vaksin lengkap.

Perumahan panas

Perawatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberinya kandang yang hangat. Anak kucing Anggora yang telah disapih atau dipisahkan dari induknya memerlukan kandang yang hangat karena tubuh kecilnya tidak mampu mempertahankan suhu tubuh yang stabil. Banyak anak kucing Anggora mencium untuk menghangatkan tubuh mereka. Selain itu, Anda bisa memberikan sinar pada kandang kucing untuk menjaga suhunya tetap hangat.


Sumber:

https://kucingpersia.co.id/