Disdik : 12.836 Siswa Ambon Terdaftar UNBK

Disdik : 12.836 Siswa Ambon Terdaftar UNBK

Disdik 12.836 Siswa Ambon Terdaftar UNBK

Dinas Pendidikan (Disdik) kota Ambon menetapkan Daftar Peserta Tetap

(DPT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, SMA/SMK dan sederajat sebanyak 12.836 siswa.

DPT UNBK tingkat SMA dan sederajat sebanyak 6.593 siswa yang terdiri dari 4.893 siswa SMA dan MA dan SMK sebanyak 1.700 orang, sedangkan tingkat SMP sebanyak 6.243 siswa.

“Setelah DPT UNBK ditetapkan para peserta tidak bisa lagi pindah sekolah karena sudah terdaftar secara nasional,” kata Kepala Dinas Pendidikan setempat, Benny Kainama di Ambon, Senin (15/2).

Ia mengatakan, UNBK maupun Ujian Nasional (UN) secara manual

akan dilaksanakan pada April mendatang untuk tingkat SMA/SMK dan sederajat, sedangkan tingkat SMP akan berlangsung pada Juni 2016.

“Para siswa SMA/SMK yang melaksanakan ujian sistem online diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik, karena ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Ambon,” katanya.

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala sekolah tentang pelaksanaan UNBK.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga

(Disdikpora) Provinsi Maluku untuk melaksanakan sosialisasi terkait petunjuk umum dan teknis pelaksanaan UN maupun UNBK,” ujarnya.

Pihak sekolah kata Benny, juga diimbau untuk melakukan persiapan bagi para siswa, karena standar kelulusan UN pada 2016 tidak mengalami perubahan sebagaimana 2015.

“Standar kelulusan siswa masih sama seperti pada 2015 yakni 5,05 untuk tiap mata pelajaran, sehingga dibutuhkan kerja sama dari guru maupun orang tua dalam mendampingi siswa,” katanya.

Ia menyatakan, sebanyak tujuh sekolah di Ambon siap melaksanakan UNBK yakni tiga SMP yakni SMPN6, 3 dan SMP Rehoboth, SMA dua sekolah yakni SMAN1 dan SMA Siwalima, dan empat SMK yakni SMKN1,2,2 dan 7.

Dari sembilan sekolah yang diusulkan tujuh sekolah hasil verifikasi telah disetujui Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan UNBK tahun 2016.

“Pelaksanaan UN online sebagai upaya pemanfaatan teknologi informasi dan mencegah terjadinya kebocoran soal, kami berharap sembilan sekolah yang diusulkan mendapat kesempatan di tahun ajaran 2016,” katanya.

Benny menambahkan, peralatan penunjang seperti komputer, jaringan internet, listrik dan SDM telah dipersiapkan, sehingga dipastikan saat pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan baik.

“Jika peralatan penunjang telah dipersiapkan, maka siswa juga harus dipersiapkan dengan berbagai latihan, terutama cara mengisi lembaran jawaban secara online,” ujarnya.

 

Sumber :

https://balikpapanstore.id/keutamaan-puasa-senin-kamis/