Komunitas Batik Siap Sukseskan Depok Fashion

Komunitas Batik Siap Sukseskan Depok Fashion

Komunitas Batik Siap Sukseskan Depok Fashion

 

Komunitas Batik Depok siap memberikan kontribusi

dalam menyukseskan Depok Fashion Festival (DeFF) yang akan digelar pada tanggal 28 April 2019 di Mal Pesona Square, Jalan Juanda, Depok. DeFF yang diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Depok tersebut, rencananya akan menampilkan peragaan busana Muslim dengan motif batik Depok.

Ketua Komunitas Batik Depok, Ratna Septiana Wulandari mengatakan, DeFF yang diinisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok akan menampilkan hasil karya dari desainer Kota Depok dalam kegiatan peragaan busana. Untuk itu, pihaknya siap menyediakan berbagai bahan batik motif Depok yang dibutuhkan oleh para desainer.

 

“Seperti yang kami lakukan pada tahun sebelumnya

kami akan mengakomodir apa yang didesain dari teman-teman desainer. Biasanya mereka memiliki desain khusus yang diaplikasikan pada baju-baju yang akan diperagakan,” tutur Ratna, sebagaimana dilansir depok.go.id, baru-baru ini.

Ratna menjelaskan, batik yang dibutuhkan oleh para desainer

tidak seperti pada umumnya yang dijual. Meskipun masih menggunakan motif batik Depok, tetapi dari desain, tata letak, dan komposisi warna akan berbeda.

“Walau demikian, kami siap menyediakan apa yang dibutuhkan oleh para desainer Depok untuk acara tersebut. Tetapi, kami hanya akan membuat berdasarkan pesanan,” ujarnya.

 

Untuk diketahui, saat ini Kota Depok memiliki 26 motif batik

yang telah dipatenkan. Di antaranya batik gong si bolong, batik manfish, batik tugu Sawangan, batik belimbing, dan batik sejarah Depok. Agar batik Depok semakin dikenal luas, selain dibuat seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok, batik juga dipadukan dengan aneka benda lain seperti tas dan vas bunga.