Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Lembaga Astronomi dan Penerbangan (LAPAN) mengatakan masyarakat bisa

mengamati gerhana matahari cincin di beberapa wilayah Indonesia pada 26 Desember.

Gerhana matahari cincin akan diamati di Sumatera Utara (Sibolga, Padang Sidempuan), Riau (Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulang Rangsang), Kepulauan Riau (Batam, Tanjung Pinang).

Kalimantan Barat (Singkawang), Kalimantan Utara (Makulit, Tanjung Selor), dan Kalimantan Timur (Berau).

 

Lihat juga:Desember, Banjir Hujan Meteor hingga Gerhana Matahari Cincin

“Gerhana Matahari Cincin (GMC) hanya di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di wilayah Indonesia lainnya hanya gerhana matahari sebagian sekitar tengah hari. Tiap kota waktunya berbeda-beda,” kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (6/12).

Thomas lebih lanjut mengatakan masyarakat Indonesia bisa mendapat informasi lebih lanjut soal gerhana matahari di situs Gerhana Indonesia.

Berdasarkan informasi, lokasi terbaik untuk mengamati gerhana matahari dengan durasi paling lama gerhana matahari adalah di Siak. Masyarakat bisa mengamati gerhana matahari cincin selama 3 menit 40 detik. Bisa diamati mulai pukul 12.15 WIB.

Lokasi terbaik kedua berada di Duri dan Singkawang dengan durasi 3 menit 39 detik.

Gerhana matahari cincin di Duri bisa diamati mulai pukul 12.26 WIB, sedangkan di Singkawang bisa diamati mulai pukul 12.41 WIB.

Lihat juga:Transit Merkurius: Fenomena Langka, 13 Kali dalam 100 Tahun
Lokasi ketiga adalah Padang Sidempuan dengan 3 menit 37 detik. Gerhana Matahari bisa diamati mulai pukul 12.04 WIB

Lokasi keempat gerhana matahari cincin adalah Malinau dengan durasi 3 menit 34 detik, bisa diamati pukul 13.01 WIB. Selanjutnya adalah Berau (3 menit 7 detik, pukul 13.09 WIB) dan , dan Tanjung Selor (2 Menit 25 detik, pukul 13.09 WIB

 

Baca Juga :