Meriahkan Hari Anak Lewat Permainan Tradisional

Meriahkan Hari Anak Lewat Permainan Tradisional

Meriahkan Hari Anak Lewat Permainan Tradisional

SDN Bangka 3 Bogor terbilang cukup berbeda dengan sekolah lainnya dalam memperinga­ti Hari Anak Nasional

dan Internasio­nal 2018 di sekolahnya, kemarin. Pihak sekolah pun menggelar Outdoor Class­room Day (OCD) yang dirangkai ber­bagai kegiatan. Salah satunya dengan menghadirkan sejumlah permainan tradisional.

Kepala SDN Bangka 3, Suyarsih, mengatakan, permainan tradisional digelar sebagai bentuk upaya

mengembangkan kembali permainan tradisional yang hampir punah. “Lang­kah ini kita tempuh untuk menjaga permainan warisan pendahulu agar tetap lestari,” katanya.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan un­tuk mewujudkan Program Sekolah Ramah Anak (SRA). Yakni dengan melaksanakan kegiatan yang melibat­kan murid dan guru sebelum mata pelajaran dimulai. Di antaranya se­perti aksi cium tangan guru dan anak-anak dididik doa bersama sebelum masuk ruang kelas. “Ada juga kegia­tan cuci tangan sebelum makan, ak­tivitas literasi dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Suyarsih menjelaskan, program SRA sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu di sekolahnya.

Akan tetapi, program ini bisa tercapai dengan ce­pat. Deklarasi tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama dalam sebuah spanduk besar. “Jadi sekaligus untuk mengingatkan lagi. Alhamdulil­lah, hari ini sama-sama kita deklara­sikan. Kita berharap program SRA yang mencakup 18 karakter bisa dilaksana­kan di sekolah kita,” ujarnya.

Sementara itu, orang tua murid SDN Bangka 3 Bogor, Ikhsan, mendukung kegiatan SRA ini. Sebab, anaknya mengaku senang belajar di sekolah ini. “Bagus. Kegiatan ini menjadikan para murid senang berada di sekolah, anak senang belajar, gurunya juga adem mengajar dan yang pasti kami sebagai orang tua akan bahagia,” ujar­nya.

 

Baca Juga :