Panel LCD dengan Fingerprint Under Display akan Hadir di Tahun ini

Panel LCD dengan Fingerprint Under Display akan Hadir di Tahun ini

Panel LCD dengan Fingerprint Under Display akan Hadir di Tahun ini

Harus kita akui bahwa teknologi sidik jari di dalam layar alias fingerprint under display memang keren. Hanya saja, saat ini fitur keamanan biometrik tersebut hanya tersedia pada handset yang relatif mahal dengan panel layar OLED.

Bahkan, teknologi fingerprint under display ini terus dikembangkan oleh sejumlah pakar terkait

sehingga menjadi sebuah teknologi yang benar-benar matang. Namun disisi lain, tak sedikit orang yang berpikir untuk menjadikan teknologi ini hadir menjadi solusi hemat biaya, seperti untuk panel LCD.

Nah! Pabrikan layar asal Cina, BOE sepertinya sedang bekerja keras untuk menggarap tentang hal itu. Mereka pun memastikan bahwa panel LCD yang terjangkau dengan dukungan fingerprint under display akan segera hadir di tahun ini.

BOE juga telah mengungkapkan bahwa mereka telah berhasil mengimplementasikan

pemindai sidik jari di dalam layar optik ke dalam panel LCD konvensional. Tentu saja ini sebuah trobosan besar untuk segmen pasar smartphone kelas bawah dan menengah.

Dikatakan oleh BOE bahwa lapisan backlight tambahan dan layar LCD yang faktanya lebih tebal daripada OLED adalah rintangan yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, para insinyur BOE sedang bekerja keras agar masalah tersebut segera terpecahkan.

Menurut analis pasar, pada tahun lalu sekitar 85 persen dari total 1.456 miliar smartphone

yang dikirim masih menggunakan panel LCD. Jelas, tren ini perlahan-lahan akan bergeser ke arah OLED, tetapi hal itu masih butuh waktu yang cukup lama.

Sebelumnya Fortsense dan AU Optronics dipastikan akan bekerja pada LCD dengan pemindai sidik jari di bawah layar. Tetapi, BOE berjanji untuk mulai memproduksi LCD yang kompatibel dengan fitur fingerprint under display pada akhir 2019.

 

Baca Juga :