Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan mereka dan satu sama lain. Ekologi adalah cabang ilmu yang masih relatif baru, yang muncul di tahun 70-an.

Namun, ekologi memiliki pengaruh besar pada cabang biologi. Studi ekologi bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan hidup dengan mengatur hubungan antara makhluk hidup dan benda mati dalam kehidupan atau lingkungan.

Definisi Ekologi

Ekologi didefinisikan sebagai studi tentang interaksi antara makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekologi jangka pertama kali diusulkan oleh Ernst Haeckel (1834-1914). Dalam ekologi, kehidupan sedang dipelajari sebagai satu kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Ekologi, biologi dan ilmu kehidupan lainnya saling melengkapi dengan zoologi dan botani yang menggambarkan bahwa mencoba untuk memprediksi ekologi, ekonomi dan energi yang menggambarkan kebanyakan rantai makanan manusia dan tingkat tropik.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Miller dalam Darsono (1995:16)

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dan tetangga mereka dan lingkungan.

Odum dalam Darsono (1995: 16)

Ekologi adalah studi tentang struktur dan fungsi alam, struktur dan interaksi antara organisme lingkungan.

Soemarwoto dalam Darsono (1995:16)

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan.

Resosoedarmo dkk, (1985:1)

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan. http://blog-definisi.blogspot.co.id/2015/06/

Para ahli ekologi mempelajari hal berikut:

Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup makhluk hidup lain dan lingkungan menjadi faktor yang menyebabkan hal itu.
Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dari faktor-faktor yang menyebabkannya.
Terjadi antarspesies hubungan (interaksi antar spesies) makhluk hidup dan hubungan antara kehidupan dan lingkungan.

Konsep Ekologi

Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang (homeostasis). Perubahan salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. Homeostasis adalah kecenderungan sistem biologi untuk menahan perubahan dan selalu seimbang.

Ekosistem mampu memelihara dan mengatur diri sendiri maupun komponen-komponen penyusun organisme dan populasi. Dengan demikian, ekosistem dapat dianggap sebagai cybernetik di alam. Tetapi orang-orang cenderung mengganggu sistem kontrol alami ini.

Ekosistem adalah kumpulan dari berbagai alam, hewan misalnya, tanaman, lingkungan, dan orang terakhir.

Ekologi dalam politik

Ekologi menimbulkan banyak gerakan filosofis dan politik yang kuat – termasuk gerakan konservasi, kesehatan, lingkungan dan ekologi yang kita kenal sekarang. Saat ini, semua dikombinasikan dengan gerakan perdamaian dan Enam Prinsip, disebut gerakan hijau.

Beberapa telah ditetapkan kepada Grup Hijau, tapi sebenarnya ada ekologi politik di kebanyakan partai politik. Sangat sering mereka menggunakan argumen dari ekologi untuk melanjutkan kebijakan, khususnya kebijakan hutan dan energi. Seringkali argumen ini bertentangan satu sama lain, karena banyak akademisi melakukannya dengan baik.

Ekologi dalam ekonomi Menurut Ahli

Banyak ekolog menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:

Lynn Margulis, mengatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat kehidupan. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya membuat kehidupan.
Mike Nickerson, mengatakan bahwa “ekonomi tiga perlima ekologi” sejak ekosistem menciptakan sumber dan membuang sampah, yang mana ekonomi menganggap dilakukan “untuk bebas”.
Ekonomi ekologi dan teori perkembangan manusia mencoba memisahkan pertanyaan ekonomi dengan orang lain, tetapi sulit. Banyak orang berpikir ekonomi baru saja menjadi bagian dari ekologi, ekonomi dan mengabaikan satu. “Modal alam” adalah salah satu contoh dari teori yang menggabungkan 2 hal itu.

Ekologi dalam kacamata antropologi

Kadang-kadang ekologi dibandingkan dengan antropologi, karena keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal yang kita tidak bisa hidup tanpa itu. Antropologi adalah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita, ekologi adalah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi tubuh dan pikiran kita.

Beberapa orang berpikir mereka hanya ilmuwan, tetapi paradigma mekanistik bersikeras menempatkan subyek manusia dalam sebuah objek kontrol ekologi – masalah subjek-objek. Namun dalam psikologi evolusioner atau psikoneuroimunologi misalnya jelas jika kemampuan manusia dan tantangan ekonomi tumbuh bersama. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Ekologi

Beberapa Cabang Ilmu dari Ekologi

Karena masih sangat besar, ekologi memiliki beberapa cabang ilmu pengetahuan yang lebih terfokus, yaitu:

Ekologi Bahasa
Ekologi Fisiologi
Ekologi Ekosistem
Ekologi Evolusi
Ekologi Manusia
Ekologi Populasi
Ekologi Api
Ekologi Hutan
Ekologi Laut

 

Sumber : http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/pengertian-ihsan.html