Penyebab Katarak Pada Kucing

Penyebab Katarak Pada Kucing

Penyebab Katarak Pada Kucing

Katarak

Katarak adalah penyebab utama kebutaan pada Anjing dan Kucing Meskipun kebanyakan terjadi pada binatang peliharaan yang sudah tua, tidak menutup kemungkinan bahwa binatang peliharaan yang masih muda dapat terjangkit juga.

Katarak adalah munculnya kerabunan (selaput putih) pada lensa mata, lensa mata terletak dibelakang pupil dan normalnya berwarna transparant. Fungsinya untuk membantu memfokuskan benda pada retina dibelakang mata, yang kemudian di teruskan ke otak.

Ketika katarak terjadi, katarak menghalangi atau mengubah masuknya cahaya yang melalui mata, yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada penglihatan normal.


Penyebab Katarak :

Meskipun penyebab utamanya belum diketahui, katarak terjadi karena adanya perbedaan reaksi kimia di mata, Biasanya katarak berhubungan dengan penuaan pada binatang peliharaan dan mata.

Faktor lainnya mungkin infeksi, cacat keturunan, cacat bawaan pada lahir, atau luka pada mata, juga panas dan radiasi berlebihan pada mata kucing.

Penyakit mata lainnya, dan penyakit2 lain seperti diabetes juga dapat mengakibatkan pertumbuhan katarak.


Ciri-ciri katarak:

Formasi katarak tidak berkaitan dengan rasa sakit, mata merah, atau berair.

Ciri-ciri katarak berkaitan dengan perubahan penglihatan. Bila katarak sudah parah, dapat terlihat sebagai selaput putih pada pupil yang biasanya berwarna hitam.

Ketika selaput putih itu masih kecil dan jauh dari pusat lensa, kerusakan penglihatan hanya sedikit. Namun, ketika katarak perkembang, penglihatan semakin buruk.


Diagnosa Katarak :

Periksakan katarak pada kucing dan anjing pada dokter hewan. Katarak berbeda dari Lenticular Sclerosis, yang mana juga menyebabkan selaput putih pada lensa tapi merupakan ciri2 normal penuaan, dimana biasanya tidak  mengganggu penglihatan.


Cara penyembuhan Katarak :

cara untuk menyembuhkan katarak membutuhkan operasi pengangkatan katarak. Biasanya di lakukan oleh dokter hewan spesialis mata karena banyaknya saraf-saraf mata yang terlibat pada operasi.

Hewan peliharaan anda harus di evaluasi sebelum operasi dilaksanakan, untuk memastikan bahwa fungsi retina masih bekerja dengan baik dan hewan peliharaan anda dalam kondisi baik untuk melakukan operasi.

Pada kebanyakan kasus, penglihatan menjadi jauh lebih baik setelah operasi.

Ada kemungkinan komplikasi termasuk bentuk luka pada mata, glukoma, tidak berfungsinya retina, dan infeksi setelah operasi pada mata. Komplikasi itu sangat jarang terjadi, tapi dapat berakibat pada penglihatan mereka apabila sampai terjadi.


Sumber:

https://rumahkucing.co.id/