Perubahan Peranan AICPA

Table of Contents

Perubahan Peranan AICPA

Perubahan Peranan AICPA

Perubahan Peranan AICPA

 

Government Accounting Standards Board (GASB)
Laporan keuangan yang dibuat oleh pemerintah lokal dan negara bagian tidak dapat diperbandingkan dengan laporan keuanganyang dibuat oleh organisasi bisnis biasa. Kurangnya komparabilitas ini  mencuat pada tahun 1979-an ketika sejumlah kota besar Amerika seperti New York dan Cleveland hampir bangkrut. Akibatnya Government Accounting Standards Board (GASB) didirikan.
Pendirian Government Accounting Standards Board (GASB) diwarnai kontroversi. Banyak pihak percaya bahwa hanya boleh ada satu badan pembuat standar; FASB. Diharapkan pemisahan pembuatan standar antara GASB, yang berurusan dengan pelaporan pemerintah lokal dan negara bagian, dan FASB, yang menangani pelaporan dari semua entitas lain, tidak akan memunculkan konflik. Struktur organisasi formal dari proses pengembangan standar pelaporan keuangan dewasa ini disajikan dalam ilustrasi ini
AICPA membentuk Accounting Standards Executive Committee (AcSEC) sebagai komite yang berwenang berbicara atas nama AICPA dibidang akuntansi serta pelaporan keuangan. AcSEC melakukan hal ini melalui sejumlah metode komunikasi tertulis:
  • Audit and Accounting Guidelines mengikhtisarkan praktek-praktek akuntansi dari industri tertentu dan menyediakan tuntutan khusus menyangkut masalah-masalah yang tidak ditangani FASB. Contohnya adalah akuntansi untuk kasino, maskapai penerbangan, sekolah dan universitas, bank, perusahaan, asuransi, dan banyak lainnya.
  • Statements of Position (SOP)  menyediakan tuntutan atas topik-topik pelaporan keuangan sampai FASB menetapkan standar untuk topik-topik tersebut. SOP bisa memperbaharui, merevisi, atau mengklarifikasi pedoman-pedoman audit dan akuntansi atau menyediakan pedoman independen.
  • Practice Bulletins mengindikasikan pandangan AcSEC menyangkut masalah pelaporan keuangan yang lebih sempit, yang tidak ditangani oleh FASB

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/