SMANCIS SC Tembus Grand Final “Young Inventors Challenge” 2019 Tingkat Asia

SMANCIS SC Tembus Grand Final “Young Inventors Challenge” 2019 Tingkat Asia

SMANCIS SC Tembus Grand Final Young Inventors Challenge 2019 Tingkat Asia

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cisarua, Kabupaten Bandung Barat berhasil

mengantarkan dua anak didiknya ke tahap final “Young Inventors Challenge” (YIC) pada September 2019. Dua siswa tersebut adalah Esti Fitriani dan Safira, siswa kelas XI yang juga pernah menorehkan prestasi dalam ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) di Yogyakarta pada 2018.

Kepala SMAN 1 Cisarua, Tuti Kurniawati mengatakan, berawal dari perlombaan FIKSI 2018, anak didiknya itu diusulkan mengikuti kompetisi bergengsi di Asia dengan mengikuti seleksi YIC 2019. “Saya bersyukur setelah anak-anak diajukan dan diberi kesempatan mengikuti ajang YIC, Allhamdulilah kini masuk final,” ujarnya saat diwawancarai, Senin (13/5/2019).

Ia menyatakan sangat bangga karena siswanya mampu menorehkan prestasi

. Terlebih, dari Indonesia hanya ada 3 regu perwakilan guna memperebutkan gelar juara YIC 2019, yaitu, SMANCIS SC, SANTI BASUKI, dan PAKE-A.

Persiapan yang bakal digelar, lanjutnya, adalah pelatihan pemaparan mengenai penelitian yang diangkat oleh siswa. Penelitian kali ini berkenaan dengan pembuatan pot berbahan baku limbah jamur yang dihasilkan para petani jamur di area sekolah atau Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Perlombaan ini fokus pada konten penelitian yang akan dipresentasikan.

Kebetulan di sekitar sekolah banyak limbah jamur yang dihasilkan para petani jamur. Nah, anak-anak memanfaatkannya dengan membuat pot tanaman yang di dalamnya sudah memiliki kandungan pupuk. Sehingga, tanaman pun sudah ternutrisi dari pot tersebut,” paparnya.

Selain pelatihan secara otodidak, tambahnya, persiapan perlombaan juga digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui pembinaan. Pelatihan ini tentu sangat bermanfaat untuk kelancaran dan keberhasilan yang akan diraih tim dari Indonesia.***

 

Baca Juga :