TANTANGAN EKONOMI DI JAMAN GLOBALISASI

TANTANGAN EKONOMI DI JAMAN GLOBALISASI

TANTANGAN EKONOMI DI JAMAN GLOBALISASI

Perlu kita ketahui di jaman globalisasi atau yang kita sering dengar suatu era dimana kita bebas melakukan kegiatan ekonomi (bisnis,perdagangan) tanpa ada batasan batasan yang secara nyata mengikatnya,tanpa dibatasi ruang dan waktu pula.

Dalam menghadapi tantangan globalisasi diperlukan sikap seorang yangaktif,kreatif/imajinatif dan pantang menyerah agar tidak tertinggal dalam proses persaingan global.

v  AKTIF

artinya seseorang itu harus cepat tanggap dalam suatu keadaan yang mengharuskannya mencari infomasi,meneliti,menelaah,bekerja secara cekatan

v  KREATIF/IMAJINATIF 

artinya seseorang itu dalam melakukan pekerjaan itu timbul ide-ide yang cemerlang dan dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai atau berharga sehingga dapat menciptakan peluang bisnis.

v  PANTANG MENYERAH 

atau kata lain tidak mudah putus asa artinya suatu sikap yang dimiliki seseorang untuk selalu mencoba atau mengulang menuju proses keberhasilan apabila dalam menghadapi masalah/kendala kegagalan usaha.

Di Indonesia sendiri ciri globalisasi sudah mulai Nampak,dengan ditandainya banyaknya masalah masalah perekonomian(inflasi,kenaikan harga kebutuhan,pengangguran),kemajuan teknologi dan informasi,saling bergantungan dalam memehuni kebutuhan dengan cara ekspor dan impor,dan peningkatan interaksi cultural.

Menghadapi tantangan globalisasi dengan wirausaha dapat menekan masalah perekonomian Negara yaitu masalah pengangguran yang selama ini sulit diatasi oleh Negara kita bahkan sekalipun Negara maju.

Sebelum masuk kelangkah-langkah berwirausaha sebaiknya kita mengetahuipenyebab pengangguran yang salah satunya orang orang berpikir bahwa pekerjaan yang dapat menjamin kesejahteraan hanya pekerjaan yang berbasis karyawan suatu perusahaan maju,pekerjaaan di kantor pemerintahan dan lain-lain,padahal di era globalisasi persaingan untuk mendapatkan perkerjaan itu sangat sulit dikarenakan jumlah pelamaran pekerjaan tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan, hal itulah yang menyebabkan pengangguran.

Oleh karena itu kita harus mengubah pola pikir kita untuk belajar mengenal bisnis atau wirausaha dan jangan takut apabila menemui kegagalan,karena kegagalan adalah kunci keberhasilan.

Sumber : https://dogetek.co/